Sosial, Ekonomi & Budaya Desa Rowocacing

Kondisi Sosial

Masyarakat desa rowocacing terkenal heterogen baik dilihan dari mata pencaharian maupun pendidikan. Jumlah penduduk 2013 jiwa yang terdiri dari 508 KK. 25% lebih adalah keluarga miskin. Berdasarkan data yang ada salah satu penyebab meningkatnya angka kemiskinan adalah karena banyaknya penduduk Desa Rowocacing bekerja sebagai buruh lepas yang kontinuitas kerja tidak pasti.

Kondisi Ekonomi

Pada umumnya warga masyarakat desa Rowocacing bekerja di sektor pertanian, perdagangan, jasa, keterampilan dan buruh. Sebagian besar penduduk desa Rowocacing bekerja sebagai buruh industri konveksi dan buruh pertanian dengan upah dibawah jumlah kelayakan hidup Kabupaten Pekalongan. Tentu saja kondisi ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan ekonomi warga desa Rowocacing, tidak terkecuali adalah kondisi lingkungan pemukiman yang menjadi terabaikan karena warga masyarakat lebih berorientasi mencari penghasilan. Hal ini dimaklumi karena kondisi penghidupan ekonomi yang masih rendah.

Kondisi Budaya

Nuansa agamis mewarnai kondisi budaya yang ada di masyarakat desa Rowocacing. salah satu bentuk seni budaya yang telah ada sejak lama adalah seni Simtu Duror. Seni ini dikelola oleh satu kelompok yang dipimpin oleh Ustad Khuzairi. Aktivitas kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan dan jika ada khajatan masyarakat baik pernikahan maupun khitan/sunatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s