Rowocacing Sebagai Sentra Penghasil Singkong

Rowocacing merupakan sentra penghasil ketela pohon/singkong dan ketela rambat di Kecamatan Kedungwuni, dengan lebih dari 25% luas wilayahnya (10 Ha) merupakan lahan kering terutama di musim kemarau. Aktivitas perdagangan singkong terlihat saat panen tiba yang bisa mencapai 100 ton. Pedagang dari luar Kabupaten Pekalongan menjadikan Desa Rowocacing sebagai pusat transaksi jual-beli singkong untuk wilayah Rowocacing, Larangan, Wringin agung, Pakisputih dan Tosaran.

Truk-truk pengangkut hasil pertanian untuk wilayah tersebut menjadikan Desa Rowocacing sebagai transit sehingga sangat potensial untuk dikembangkan sebagai pusat perdagangan singkong. Hal ini merupakan modal utama desa dalam rangka mengembangkan budidaya perkebunan dengan mengembangkan agribisnis dan home industri rumah tangga untuk meningkatkan ekonomi warga desa.

Baru-baru ini juga, KKN Tim 1 Universitas Diponegoro berhasil berinovasi dalam pengolahan singkong menjadi nugget. Hal tersebut tentu dapat menambah nilai dari singkong itu sendiri. Kini nugget singkong sedang dalam proses pengembangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s