Memberdayakan Rowocacing Melalui Kelompok Wanita Tani

Selasa, 20 Agustus 2013, Desa Rowocacing kedatangan tamu dari Dinas Perikanan Kelautan dan Dinas Peternakan Pertanian dalam rangka untuk memberikan penyuluhan mengenai cara menanam sayur-sayuran menggunakan media polybag. Diharapkan panen sayur mayur organik tersebut dapat digunakan untuk konsumsi masyarakat Desa Rowocacing atau bahkan dapat dijual ke luar daerah Desa Rowocacing.

Mendapatkan Pengarahan Dari Dinas

Mendapatkan Pengarahan Dari Dinas

Penyuluhan ini sendiri sebenarnya telah dimulai sejak bulan Juni 2013. Kegiatan ini diprakarsai oleh 30 anggota yang tergabung dalam Kelompok  Wanita Tani “Kenanga” Desa Rowocacing. Menurut Penuturan Ibu Heni selaku ketua Kelompok Wanita Tani “Kenanga”, masyarakat sangat antusias dengan program penyuluhan ini karena hasil panennya dapat langsung dikonsumsi oleh masyarakat sendiri. Sayur mayur yang ditanam merupakan sayur mayur yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat, diantaranya seperti kembang kol, cabai, tomat, sawi, kangkung, bayam, terong, pare dan juga menanam buah pepaya.

Tim Dinas Sedang Melihat Hasil Kegiatan Warga

Tim Dinas Sedang Melihat Hasil Kegiatan Warga

Segala rangkaian kegiatan dalam penyuluhan ini didanai oleh Provinsi melalui Dinas Pertanian Kabupaten Pekalongan. Di Kecamatan Kedungwuni ini hanya dua desa yang mendapat bantuan penyuluhan ini, yakni Rowocacing dan Salakbrojo. Kedatangan tamu dari Dinas juga dalam rangka menilai kinerja hasil penyuluhan untuk selanjutnya dilombakan di tingkat kabupaten.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s